Bolehkah menjual rambut bekas potongan? Misalnya dr salon tempat
cukur, rambutnnya banyak berserakan.
Jawab:
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,
Allah telah memuliakan bani Adam.
Allah berfirman,
وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آَدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ
وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ
مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا
Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut
mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik
dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk
yang telah Kami ciptakan. (QS. al-Isra: 70)
Karena itulah, anggota tubuh manusia tidak boleh dijadikan
sebagai objek jual beli. Baik anggota tubuh yang mengalami pembaharuan, seperti
darah, atau rambut. Atau anggota tubuh yang tidak mengalami pembaharuan,
seperti organ vital, jantung, paru, ginjal, dst.
Para ulama dari 4 madzhab menegaskan larangan memperjual-belikan
rambut.
Dalam al-Inayah Syarh al-Hidayah – kitab madzhab hanafi –
dinyatakan,
ولا يجوز بيع شعور الإنسان، ولا الانتفاع بها؛ لأن الآدمي مكرم لا
مبتذل، فلا يجوز أن يكون شيء من أجزائه مهانًا ومبتذلاً
Tidak boleh memperdagangkan rambut manusia, atau
memanfaatkannya. Karena manusia itu dimuliakan dan tidak boleh dihinakan.
Karena itu, tidak boleh ada anggota tubuhnya yang dihinakan atau diremehkan. (al-Inayah
Syarh al-Hidayah, 9/136)
Kemudian dalam Syarh Mukhtashar Khalil – kitab Madzhab Maliki –
dinyatakan,
تنبيه: سئل مالك عن بيع الشعر الذي يحلق من رؤوس الناس؟ فكرهه
Catatan, Imam Malik ditanya tentang hukum menjual rambut hasil
cukur seseorang? Dan beliau membencinya. (Syarh Mukhtashar Khalil, 1/83)
An-Nawawi dalam al-Majmu’ – syafi’iyah – mengatakan,
ما لا يجوز بيعه متصلاً لا يجوز بيعه منفصلاً، كشعر الآدمي
Sesuatu yang tidak boleh dijual ketika masih menempel, juga
tidak boleh dijual setelah terpisah, seperti rambut. (alMajmu’ Syarh Muhadzab,
9/254).
Kemudian al-Buhuti dalam Kasyaf al-Qana’ – kitab hambali –
mengatakan,
ولا يجوز استعمال شعر الآدمي مع الحكم بطهارته لحرمته، أي احترامه
Tidak boleh memanfaatkan rambut manusia, meskipun statusnya
suci. Karena manusia itu mulia. (Kasyaf al-Qana’, 1/57)
Allahu a’lam.
Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan
Pembina Konsultasisyariah.com)
0 komentar:
Posting Komentar