Salah
satu faktor penentu kesuksesan roda usaha adalah lokasi yang tepat. Lokasi
usaha yang strategis akan sangat mempengaruhi produk atau jasa yang Anda
tawarkan, menentukan laku/tidaknya produk Anda. Namun menemukan lokasi
strategis yang sesuai dengan budget bisa dikatakan tidak mudah.
Jenis
dan sifat usaha menjadi pertimbangan dalam menentukan lokasi usaha. Misalnya
jika usaha Anda di bidang consumer goods, pilihlah tempat yang berlokasi di
jalan besar, ramai dilalui orang dan kendaraan atau yang dekat dengan pemukiman
penduduk. Selain itu pertimbangkan pula akses ke lokasi usaha yang mudah
dijangkau. Lokasi yang prestisius juga menjadi pertimbangan konsumen dalam
memilih suatu penyedia produk atau jasa. Jika Anda membuka restoran untuk
kalangan atas, tentunya Anda harus memilih lokasi yang bergengsi.
Berikut
ini ada beberpa tips dan beberapa hal yang Anda harus perhatikan dalam hal
memilih tempat atau lokasi usaha yang strategis:
1.
Mudah terlihat
Memilih tempat yang mudah terlihat akan membuat tempat usaha Anda cepat dikenal banyak orang. Jika usaha yang Anda jalankan adalah ritel, consumer goods, atau fashion, akan membutuhkan tempat yang mudah dilihat banyak orang sehingga dapat menarik konsumen serta menekan biaya promosi.
Memilih tempat yang mudah terlihat akan membuat tempat usaha Anda cepat dikenal banyak orang. Jika usaha yang Anda jalankan adalah ritel, consumer goods, atau fashion, akan membutuhkan tempat yang mudah dilihat banyak orang sehingga dapat menarik konsumen serta menekan biaya promosi.
2.
Akses
Arus orang dan kendaraan serta kemudahan akses menuju lokasi usaha juga harus dipertimbangkan. Dengan memilih lokasi dimana banyak orang yang berlalu lalang serta akses yang tidak rumit akan membuka peluang kunjungan konsumen.
Arus orang dan kendaraan serta kemudahan akses menuju lokasi usaha juga harus dipertimbangkan. Dengan memilih lokasi dimana banyak orang yang berlalu lalang serta akses yang tidak rumit akan membuka peluang kunjungan konsumen.
3.
Dekat dengan konsumen
Tentukan dahulu siapa yang menjadi target pasar Anda, apakah untuk umum, wanita, anak-anak, atau segmen tertentu. Membuka usaha dilokasi yang dekat dengan konsumen akan memudahkan mereka untuk.mengunjungi tempat usaha Anda, terlebih mereka bisa menghemat waktu dan biaya.
Tentukan dahulu siapa yang menjadi target pasar Anda, apakah untuk umum, wanita, anak-anak, atau segmen tertentu. Membuka usaha dilokasi yang dekat dengan konsumen akan memudahkan mereka untuk.mengunjungi tempat usaha Anda, terlebih mereka bisa menghemat waktu dan biaya.
4.
Sewa tempat
Adalah hal yang wajar jika lokasi yang strategis mematok harga sewa yang tinggi. Inilah yang harus Anda pertimbangkan. Sewa tempat yang mahal secara bertahap akan tertutup dengan keuntungan yang Anda peroleh setiap bulannya. Tentunya Anda harus membuat kalkulasi yang cermat sebelum memutuskan menyewa tempat tersebut.
5. Perijinan
Jangan mengabaikan masalah legalitas, baik legalitas usaha, produk yang dijual, atau legalitas tempat usaha. Mengabaikan hal ini akan mengakibatkan resiko yang besar bagi usaha Anda. Jangan sampai saat usaha Anda sudah berjalan namun harus menghadapi masalah perijinan,misalnya legalitas tempat usaha.
Adalah hal yang wajar jika lokasi yang strategis mematok harga sewa yang tinggi. Inilah yang harus Anda pertimbangkan. Sewa tempat yang mahal secara bertahap akan tertutup dengan keuntungan yang Anda peroleh setiap bulannya. Tentunya Anda harus membuat kalkulasi yang cermat sebelum memutuskan menyewa tempat tersebut.
5. Perijinan
Jangan mengabaikan masalah legalitas, baik legalitas usaha, produk yang dijual, atau legalitas tempat usaha. Mengabaikan hal ini akan mengakibatkan resiko yang besar bagi usaha Anda. Jangan sampai saat usaha Anda sudah berjalan namun harus menghadapi masalah perijinan,misalnya legalitas tempat usaha.
6.Lingkungan
sekitar tempat usaha
Tempat usaha juga tidak bisa dilepaskan dari lingkungan sekitarnya yang turut mempengaruhi image usaha serta minat pelanggan untuk berkunjung.
Tempat usaha juga tidak bisa dilepaskan dari lingkungan sekitarnya yang turut mempengaruhi image usaha serta minat pelanggan untuk berkunjung.
Misalnya,
jika Anda hendak membuka usaha kuliner, lebih baik jika tetangga Anda adalah
usaha cafe, alat tulis, atau warnet. Jangan memaksakan membuka usaha kuliner
yang berdeketan dengan bengkel, tempat cuci kendaraan, atau toko bangunan.
Terlepas
dari poin-poin diatas, insting bisnis Anda juga turut berkontribusi dalam
pemilihan tempat usaha. Yang perlu diingat dalam memilih lokasi adalah belum
ada usaha serupa atau belum banyak pesaing dalam radius 500 meter dari tempat
Anda. [Joe/Zahirblog/KPMI]
0 komentar:
Posting Komentar