Siapa Bilang Bekam Itu Sunnah?
Syaikh Shalih Fauzan bin Abdullah Al Fauzan hafidzahullah ditanya
:
هل الحجامة داخلة في السنن الفعلية للنبيّ صلى الله عليه وسلم ؟
Apakah bekam termasuk dalam sunnah fi’liyah Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam ?
Syaikh hafidzahullah menjawab :
الحجامة مباحة, فهي علاج مباح لا يقال إنه سنة وأن الذي لا يتحجم
تارك للسنة . . لا. هذا من المباحات والعلاج والأدعية من الأمور المباحات.
Bekam adalah perkara mubah. Ia termasuk pengobatan yang mubah.
Tidak dikatakan bahwa ia sunnah, sehingga orang yang tidak melakukan bekam
berarti telah meninggalkan sunnah. Tidak dikatakan demikian. Bekam termasuk
perkara mubah. Dan pengobatan termasuk salah satu dari perkara mubah.
Sumber : مجلة الفرقان, العدد 467- الإثنين 9 ذو القعدة 1428 ه
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Ar Rajihi hafidzahullah ditanya
:
السؤال: ما هي الطريقة الصحيحة التي كان يفعلها رسول الله صلى الله
عليه وسلم في الحجامة؟
Bagaimana metode yang benar yang dilakukan Rasul
shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam bekam ?
Beliau hafidzahullah menjawab :
الجواب: الحجامة دواء، كان النبي يستعملها للعلاج، كان يحتجم في رأسه
عليه الصلاة والسلام، وهذه تختلف ولا يقتدى بالنبي فيها؛ لأن هذا من باب العلاج،
Bekam adalah pengobatan. Nabi dulu melakukan bekam untuk
pengobatan, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan
bekam pada kepala beliau. Maka perkara bekam ini berbeda-beda dan tidak
disyariatkan meneladani Nabi dalam perkara ini, karena bekam masuk dalam
pengobatan.
فالإنسان يذهب إلى أهل الخبرة، ولا يحتكم إلا عند الحاكم؛ لأنه قد
تضر الحجامة، وإذا كان محتاجاً إلى الحجامة يحتجم سواءً في الرأس أو في غيره،
Hendaknya seseorang datang kepada ahli bekam, dan jangan meminta
hukum kecuali kepada ahlinya, karena boleh jadi bekam malah membahayakan. Jika
dia memerlukan untuk bekam maka bisa bekam, baik pada kepala atau bagian tubuh
lainnya.
وهذا ليس من التشريع حتى يقتدى بالنبي صلى الله عليه وسلم، احتجم
عليه الصلاة والسلام من باب العلاج وليس من باب التشريع،
Maka bekam bukan perkara yang disyariatkan, sehingga dianjurkan
untuk mencontoh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam perkara ini. Beliau melakukan bekam dalam rangka pengobatan
bukan dalam rangka mensyariatkan
فكيف تسأل عن هذا وتريد أن تقتدي به في الحجامة؟ لا؛ لأن الأحوال
تختلف، إذا كنت محتاجاً إلى الحجامة، وقال أهل الخبرة: إنك محتاج إلى أن تحتجم،
سواءً في الرأس أو في الظهر، أو في الفخذ أو في أي مكان فعلى حسب ما يقوله أهل
الخبرة.
Maka bagaimana Engkau bertanya tentang perkara ini dan Engkau
ingin meneladani Nabi dalam masalah bekam ? Tidak, keadaan seseorang itu
berbeda-beda. Jika Engkau membutuhkan bekam dan ahli bekam berkata : Engkau
butuh melakukan bekam, (maka boleh bekam) Sama saja di kepala, punggung, paha
atau tempat lainnya sesuai dengan yang dikatakan orang yang sudah
berpengalaman.
[Source: http://abukarimah.wordpress.com/2012/04/21/hukum-bekam/]
0 komentar:
Posting Komentar