Taubatnya Orang yang Meninggalkan Shalat
Bagaimana hukum orng yg telah dg sengaja meninggalkan shalat
wajib. apakah orang tersebut wajib melakukan qadha shalat yg telah di
tinggalkan? Terima kasih
Jawab:
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,
Allah menegaskan dalam al-Quran, bahwa shalat merupakan ibadah
yang dibatasi waktunya. Ada batas awal dan ada batas akhir. Sebagaimana tidak
sah melakukan shalat sebelum waktu, juga tidak sah melakukan shalat, setelah
keluar waktu.
Allah berfirman,
إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا
“Sesungguhnya shalat merupakan kewajiban bagi orang beriman yang
telah ditetapkan waktunya.” (QS. An-Nisa: 103).
Hanya saja, bagi mereka yang tidak sengaja meninggalkan shalat,
misalnya karena ketiduran atau lupa, diberi toleransi untuk mengqadha’nya,
dengan mengerjakannya ketika bangun atau ketika ingat.
Dari Anas bin Malik, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
مَنْ نَسِيَ صَلَاةً، أَوْ نَامَ عَنْهَا، فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا
إِذَا ذَكَرَهَا
“Barang siapa yang kelupaan shalat atau tertidur sehingga terlewat
waktu shalat maka penebusnya adalah dia segera shalat ketika ia ingat.” (HR. Ahmad 11972 dan Muslim 1600).
Dalam riwayat lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,
مَنْ نَسِىَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا ، لاَ كَفَّارَةَ
لَهَا إِلاَّ ذَلِكَ
“Siapa yang lupa shalat, maka dia harus shalat ketika ingat. Tidak
ada kaffarah untuk menebusnya selain itu.” (HR.
Bukhari 597 & Muslim 1598)
Hadis ini menunjukkan, tidak ada kesempatan untuk menebus
kesalahan meninggalkan shalat, selain bagi orang yang kelupaan dan ketiduran,
dan itupun harus dilakukan ketika bangun atau ketika dia ingat.
Ketika orang meninggalkan shalat dengan sengaja, kemudian dia
mengerjakan shalat ketika taubat, hakekat yang terjadi:
1.
Dia mengerjakan shalat di luar waktu. Dan mengerjakan shalat
setelah waktunya habis, statusnya tidak sah.
2.
Dia melakukan kaffarah (penebus dosa) yang tidak ada panduannya
dari dalil. Sementara penebusan kesalahan meninggalkan shalat yang disebutkan
dalam dalil, hanya berlaku untuk mereka yang ketiduran atau kelupaan.
Lalu Bagaimana Cara Taubat Mereka yang Meninggalkan Shalat?
Pada prinsipnya, inti dari taubat ada 5:
1.
Ikhlas dengan memohon ampun kepada Allah [الاستغفار]
2.
Meninggalkan dosa yang dilakukan [الاقلاع]
3.
Menyesali perbuatannya [الندم], sehingga dia mengakui
apa yang dia lakukan adalah kesalahan
4.
Bertekad untuk tidak mengulangi [العزم]. Tekad ini yang akan
menghalangi dia jangan sampai melanjutkan dosanya.
5.
Melakukan perbaikan [الاصلاح]. Melakukan upaya yang
bisa memperbaiki dirinya.
Allah berfirman,
إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَاعْتَصَمُوا بِاللَّهِ
وَأَخْلَصُوا دِينَهُمْ لِلَّهِ فَأُولَئِكَ مَعَ الْمُؤْمِنِينَ وَسَوْفَ يُؤْتِ
اللَّهُ الْمُؤْمِنِينَ أَجْرًا عَظِيمًا
Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan dan
berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka
karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak
Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar. (QS. an-Nisa: 146).
Bagian yang menjadi fokus perhatian kita adalah apa yang harus
dilakukan dalam rangka upaya perbaikan yang harus dilakukan oleh orang yang
meninggalkan shalat?
Ada satu hadis yang bisa kita jadikan titik terang. Hadis
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menjelaskan proses
hisab amal hamba,
إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ
أَعْمَالِهِمُ الصَّلاَةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلاَئِكَتِهِ
وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِى صَلاَةِ عَبْدِى أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ
كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا
قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ
أَتِمُّوا لِعَبْدِى فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ
“Amal manusia pertama yang akan dihisab kelak di hari kiamat
adalah shalat. Allah bertanya kepada para Malaikatnya – meskipun Dia paling
tahu – “Perhatikan shalat hamba-Ku, apakah dia mengerjakannya dengan sempurna
ataukah dia menguranginya?” Jika shalatnya sempurna, dicatat sempurna, dan jika
ada yang kurang, Allah berfirman, “Perhatikan, apakah hamba-Ku memiliki shalat
sunah?.” jika dia punya shalat sunah, Allah perintahkan, “Sempurnakan
catatan shalat wajib hamba-Ku dengan shalat sunahnya.” (HR. Nasai 465, Abu Daud
864, Turmudzi 415, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
Berdasarkan hadis ini, para ulama menganjurkan, bagi siapa saja
yang meninggalkan shalat wajib, agar segera bertaubat dan perbanyak melakukan
shalat sunah. Dengan harapan, shalat sunah yang dia kerjakan bisa menjadi
penebus kesalahannya.
Syaikhul Islam mengatakan,
وتارك الصلاة عمدا لا يشرع له قضاؤها ، ولا تصح منه ، بل يكثر من
التطوع ، وهو قول طائفة من السلف
“Orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja, tidak disyariatkan
meng-qadhanya. Dan jika dilakukan, shalat qadhanya tidak sah. Namun yang dia
lakukan adalah memperbanyak shalat sunah. Ini meruapakan pendapat sebagian
ulama masa silam.” (al-ikhtiyarot, hlm. 34).
Keterangan lain disampaikan Ibnu Hazm,
من تعمد ترك الصلاة حتى خرج وقتها فهذا لا يقدر على قضائها أبداً،
فليكثر من فعل الخير وصلاة التطوع؛ ليُثَقِّل ميزانه يوم القيامة؛ وليَتُبْ
وليستغفر الله عز وجل
“Siapa yang sengaja meninggalkan shalat sampai keluar waktunya,
maka selama dia tidak bisa mengqadha’-nya. Hendaknya dia memperbanyak amal
soleh dan shalat sunah, agar memperberat timbangannya keelah di hari kiamat.
Dia harus bertaubat dan banyak istighfar.” (al-Muhalla, 2/279).
Karena itu, kewajiban orang yang pernah meninggalkan shalat wajib,
dan sekarang telah bertaubat,
1.
Banyak memohon ampun kepada Allah
2.
Memperbanyak shalat sunah
3.
Mencari komunitas yang baik, yang bisa memotivasi dirinya untuk
menjaga shalat
4.
Dan jangan lupa untuk bersyukur kepada Allah atas nikmat hidayah
untuk taubat.
Allahu a’lam.
Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan
Pembina Konsultasisyariah.com)
0 komentar:
Posting Komentar