Sabtu, 08 Oktober 2016


Anjuran

Beberapa hal berikut dianjurkan untuk mengurangi asam urat:
·         Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya)
·         Perbanyak minum air putih— terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal– untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh.
·         Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti:
o    Sayuran dan buah-buahan
o    Kentang
o    Alpukat
o    Susu dan yogurt
o    Pisang
·         Makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry
·         Aktif secara seksual (Berita bagus! Seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat).
·         Konsumsi salah satu produk alami yang dapat menyembuhkan asam urat sepertisidaguri, habbatussauda, brotowali, teh hijau, dll.

Pantangan dan Anjuran bagi Penderita Asam Urat

Penyakit asam urat adalah jenis artritis yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang terutama adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku.

Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause. Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes dan aterosklerosis. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan. Bila dibiarkan, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.
Daftar
Makanan Tinggi Purine
Makanan
Asam Urat
(mg/100g)
Teobromin (kafein cokelat)
2300
Limpa domba/kambing/jeroan
773
Hati sapi
554
Ikan sarden
480
Jamur kuping
448
Limpa sapi
444
Daun melinjo
366
Paru-paru sapi
339
Kangkung, bayam
290
Ginjal sapi
269
Jantung sapi
256
Hati ayam
243
Jantung domba/kambing
241
Ikan teri
239
Udang
234
Biji melinjo
222
Daging kuda
200
Kedelai & kacang-kacangan
190
Dada ayam dg kulit
175
Daging ayam
169
Daging angsa
165
Lidah sapi
160
Ikan Kakap
160
Tempe
141
Daging bebek
138
Kerang
136
Udang Lobster
118
Tahu
108

*ada beberapa pakar yang masih memperdebatkan tentang cokelat lebih baik cari aman
*daging dari laut & jeroan masih menjadi makanan yang paling dihindari

Pantangan Asam Urat

Perubahan gaya hidup, konsumsi obat tertentu dan menghindari makanan yang berkadar purin tinggi dapat mengendalikan asam urat. Berikut adalah makanan tinggi purin yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. (Ingat bahwa masing-masing orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap makanan. Makanan yang sangat cepat menimbulkan serangan asam urat pada satu orang belum tentu menimbulkan efek yang sama pada yang lainnya).
·         Alkohol dan soft drink
·         Melinjo dan emping
·         Kacang-kacangan
·         Jamur, bayam matang, dan sawi
·         Daging kambing
·         Jeroan otak hati rempelo ginjal dan gajih (lemak)
·         Kerang-kerangan
·         Bebek dan kalkun
·         Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, dan beberapa ikan lainnya
·         Krim dan Es krim
·         Fruktosa pada sirup atau minuman perasa
·         Makanan laut
·         Beberapa Sayuran hijau



Cara Mengobati Asam Urat tidak sulit :

1.Daun Sirsak 
diakui ampuh atasi penyakit Asam Urat. Bagaimana cara meraciknya?
Dikutip dari situs informasi kesehatan, Doktercantik.com, simak di bawah ini:
a. Ambil 10-15 daun sirsak, Bersihkan daun-daun tersebut. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel di daunnya. Anda boleh gunakan cairan pembersih sayuran saat mencuci daun-daun tersebut.
b. Masukkan daun yang sudah dicuci tadi ke dalam wadah untuk merebus. Tuangkan air yang cukup banyak sampai daun sirsak itu terendam semuanya. Jadi, masukkan daun sirsak ke dalam wadah merebus dari sejak awal anda akan merebus airnya, bukan saat air sudah mendidih.
c. Rebus terus daun sirsak tersebut sampai air yang ada di dalam wadah tersisa kira-kira sekitar 2 gelas saja. Ketika air sudah mencapai jumlah tersebut proses merebus sudah boleh dihentikan
d. Selama anda belum meminum air rebusan daun sirsak tadi, biarkanlah air rebusan tersebut tetap berada di dalam wadah, tidak perlu pisahkan air dari daun-daun sirsak yang sudah direbus tadi
e. Konsumsi air rebusan tersebut dua kali sehari, sebaiknya pagi dan sore hari.

2. Minum Air Rebusan Daun Salam
Daun salam Eugenia polyantha secara turun temurun diketahui berkhasiat mengatasi asam urat. Senyawa flavonoid pada daun salam bersifat diuretik sehingga mendorong penderita lebih sering berkemih. Dampak sering berkemih itu dapat mengurangi membuang purin di tubuh. Flavonoid juga efektif menekan kinerja enzim xantin oksidase yang berujung mengurangi pembentukan asam urat.
Riset Vera Hazielawati dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah di Yogyakarta pada 2014 dengan responden penderita asam urat di Dusun Modinan Gamping, Sleman Yogyakarta juga membuktikan khasiat daun salam. Air rebusan daun salam mampu menurunkan kadar asam urat penderita rata-rata sebesar 10 mg/dl menjadi 4-5 mg/dl selama sepekan konsumsi.
Penelitian I Wayan Getas dan rekan dari Poltekkes Kemenkes Mataram, Nusa Tenggara Barat yang tertuang dalam Media Bina Ilmiah Volume 6 tahun 2012 juga memperlihatkan khasiat daun salam untuk menurunkan kadar asam urat. Sifat penurunan itu mirip seperti kerja obat kimia penurun kadar asam urat darah dari golongan urikosurik dan golongan penghambat xantin oksidase.

3. Jeruk nipis & Lemon.  
Keluarga Jeruk banyak mengandung asam nitrat salah satu jenis jeruk yang rasanya asam. Mengandung asam nitrat untuk melarutkan uric acid (asam urat) penyebab gout (radang). Jeruk nipis bisa dibuat menjadi minuman segar yang dicampur dengan air dan diminum dua kali sehari.

Selain 3 bahan di atas bisa jadi penelitian kedokteran telah menemukan obat alami lain yang efektif. Untuk Kimia ada allupurinol tapi ada beberapa efek samping 




Lalu untuk mengurangi radangnya (rasa sakit membengkak) bisa mengkonsumsi makanan anti inflamasi tidak usah takut makanannya enak kok diantaranya
a.   Jahe
b.  Bawang Putih (bisa dikonsumsi langsung atau dibakar setengah matang atau campur telur kocok atau dimasak dengan makanan lain tapi biasanya khasiat sudah berkurang)
c.   Kunyit
Rimpang kunyit Curcuma domestica diketahui berefek antiinflamasi alias mengurangi radang. Penelitian terkait khasiat rimpang kunyit itu dibuktikan melalui hewan percobaan tikus putih jantan. Hasilnya? Dosis ekstrak rimpang kunyit hingga 1.000 mg/bobot tubuh mereduksi radang hingga 78,37%.
d.   Minyak Zaitun
5.    Apel

Terakhir, Asam Urat Purin dikeluarkan tubuh lewat urin jadi dianjurkan konsumsi makanan diuretic agar mudah berkemih (kencing), dan lagi lagi makanan enak
a.       Semangka
b.      Melon
c.       Timun
4.       Air
Semuanya tidak akan lebih baik jika anda kurang minum jadi kurangi makanan tinggi purin, konsumsi obat alami, konsumsi makanan anti inflamsi, dan konsumsi makanan diuretic agar purin yang sudah dibawa ke ginjal mudah dibuang . Dan yang pasti terus bertawakkal karena kesembuhan itu dari Tuhan bukan pemberian dokter dan resepnya.

“Dan Apabila Aku Sakit, Dia-lah (Allah) yang menyembuhkanku” Nabi Ibrahim (Asy Syuara : 80)

Doktercantik.com Babeja.com Majalahkesehatan.com berbagai sumber

0 komentar:

Follow kumpulan tanya jawab islam dan keluarga

Calendar holidays by Excel Calendar

Disclaimer

i don't own anything in this blog. all articles, images, videos belong to its owners / creator. if you think this useful feel free to share, rewrite, or copy
twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Info Harga Komoditi/Pangan

Flag Counter



Data Provided By Google Analytics

Diberdayakan oleh Blogger.

Mari gabung agar kenal & tidak terjerat riba/bunga bank

Bantuan hukum bagi yang terjerat riba (bunga bank)

Pencarian tentang Islam

yufid.com

[Disebutkan keadaan manusia di hari kiamat, "Alangkah baiknya kiranya aku dulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini". QS Al-Fajr : 24]'


Orang ini menyebut akhirat dengan HIDUPKU. Artinya, sekarang ini KEHIDUPAN KITA BELUM DIMULAI

(-_-)

Video Pilihan

Paling Banyak Dibaca

Our Facebook Page