Sabtu, 08 Oktober 2016

Inilah 10 Bunga Kesukaan Lebah Madu Dalam Penyerbukan

Betapa luar biasanya lebah madu menjadikannya sebagai contoh kehidupan bagi umat manusia. Bahkan Lebah membantu manusia menikmati hasil penyerbukannya bagi tanaman-tanaman berbuah. Tak hanya madu lebah yang bisa dinikmati namun berkat aktivitas penyerbukannya segala jenis buah dari apel hingga durian bisa kita nikmati.
Namun populasi lebah madu bisa punah karena manusia terlalu banyak penggunaan pestisida tanaman atau karena perubahan iklim yang membuat lahan penyerbukannya hilang hingga karena bangunan yang berdiri kokoh menggantikan perkebunan hijau nan asri akan berpengaruh pada pasokan makanan kita. Tanaman berbunga menjadi bagian penting dalam proses penyerbukan lebah madu, bunga di pekarangan rumah, bunga di perkebunan, hingga bunga di hutan merupakan tanaman favorit lebah madu.
Miriam Goldberger menyebutkan bahwa 75% makanan yang kita makan dihasilkan dari proses penyerbukan, yang juga ia jelaskan dalam bukunya berjudul “Taming Wildflowers: Bringing the Beauty and Splendor of Nature’s Blooms into Your Own Backyard”.
Source: Fix.com
Sejak tahun 2006 telah tampak penurunan koloni lebah, seperti yang dilaporkan di Amerika bahwa 31 persen koloni lebah telah berkurang hingga akhir tahun 2013. Mungkin kita jarang melihat lebah madu diperkotaan karena sudah tak ada lahan bagi koloni lebah untuk hinggap, namun bukankah pekarangan rumah bisa jadi solusi sederhana dengan menanam bunga-bunga yang disukai lebah untuk mencari makaan dan melakukan penyerbukan. Karena pada akhirnya  selain membantu populasi koloni lebah sekaligus menjaga pasokan makanan dunia. seperti tampak pada data berikut ini.
Lebah memiliki keberadaan yang saling menguntungkan dengan angiosperma (tumbuhan berbunga). Tapi tidak setiap bunga yang diciptakan sama di mata lebah. Lebah tertarik untuk bunga berdasarkan warna, aroma, dan penampilan. Pemuliaan tanaman modern telah membuat hidup sedikit lebih keras untuk lebah. Petani telah banyak membuat bunga ganda, kental dengan beberapa kelopak. Padahal sesungguhnya bunga-bunga ini menyembunyikan nektar sehingga lebah tidak dapat menemukannya.
Menanam bunga secara sederhana atau bisa dibilang kuno dengan menanam satu jenis bunga yang terbuka kelopaknya mampu menarik perhatian lebah untuk menemukan nektar. Seperti gambar jenis bunga tempat hinggap lebah madu disetiap musim berikut.
Hampir semua jenis tanaman berbunga disukai lebah, namun dari sekian banyak tanaman bunga, berikut adalah 10 bunga kesukaan lebah madu dalam proses penyerbukan:
1. Bunga Aster
Bunga Aster dengan paduan warna biru, pink dan ungu adalah tambahan yang ideal untuk ditanam di taman rumah, karena mereka mekar diakhir musim panas dan mekar dalam musim gugur, membuat mereka pilihan yang diterima untuk lebah madu untuk memberi makan pada saat bunga di taman tidak lagi mekar.
2. Black Eyed Susan
Dengan batang yang tumbuh hingga tiga kaki atau lebih, kelopak bunga kuning yang menawan dengan warna ditengah coklat keunguan adalah favorit lebah madu. Terbaik dari semua, mereka adalah tanaman keras berumur panjang yang tumbuh asli Amerika Utara, sehingga tidak perlu untuk menanam kembali.
3. Dandelion

Dandelion
Dandelion termassuk gulma dengan bunga berkelopak kuning. Warna kuning secara teknis sangat disukai lebah. Dengan adanya dandelion penyerbukan dilakukan lebah akan meningkatkan nutrisi pada rumput hijau.
4. Lemon Balm

Lemon Balm
Tanaman herbal mint yang dikenal dengan nama Melissa officinalis adalah tanaman yang sempurna bagi lebah. Pada zaman Yunani kuno, “tanaman herbal ini ditanam di dekat sarang lebah mereka untuk membantu menjaga lebah madu cukup makan dari bunga kaya nektar tanaman dan untuk membantu mencegah lebah mereka dari swarming” kata Harun von Frank, seorang tukang kebun organik dan co-founder ahli dari GrowJourney. Lemon Balm bisa ddibilang makanan lezat lebah madu layaknya teh.
5. Purple Coneflower

Purple Coneflower
Bunga ini terbilang yang magnet bagi lebah. Bunga yang termasuk paling difavoritkan lebah dalam penyerbukan karena menghasilkan banyak nektar. Bunga ini dikenal juga dengan nama echinacea.
6. Snapdragon

Sanpdragon
Saat lebah mencari makanan, bunga snapdragons melepaskan empat kali lebih banyak aroma yang menarik bagi lebah madu. Dengan daya tarik aroma tersebut membuat Lebah kemudian membawa aroma snapdragon kembali ke sarang. Hal tersebut merupakan keunikan dari bunga snapdragon.
7. Bunga Matahari (Sunflower)

Sunflower
Bunga ini mungkin paling banyak dikenal masyarakat dunia, karena keindahan kelopak bunga yang menawan menjulang tinggi layaknya matahari menyinari bumi. Warna kuning bunga matahari dengan bunga yang besar serta nektar yang banyak bisa dibilang pabrik penyerbukan bagi lebah. Bunga matahari berwarna kuning yang paling disukai bukan yang berwarna merah, karena dalam mencari makanan, lebah lebih menyukai warna kuning.
8. Yarrow
Yarrow
Bunga ini bisa menjadi pilihan, tempat lebah mengoleksi nektar, meskipun tampaknya lebah memiliki sedikit kesulitan saat hinggap dibunga yang bekelopak kecil namun berkumpul berdekatan bunga satu dan lainnya.
9. Zinnias
Ziannis
Bunga ini mudah tumbuh dan mekar dengan varian warna menarik. Bunga ini disukai lebah salah satunya karena terdapat bunga kecil di tengah-tengah kelopak bunga. Itupula alasan beberapa bunga yang kebanyakan disukai lebah. Bunga ini cocok untuk penyerbukan karena memiliki serbuk sari yang banyak.
10. Bunga Kaliandra
Kaliandra
Di Indonesia mungkin selain bunga matahari, pohon Kaliandra jadi kesukaan lebah. Kaliandra memiliki bunga yang berbentuk kerucut dengan warna kuning kehijauan. Bunga ini disukai lebah karena memiliki nektar meskipun tidak memiliki serbuk sari. Selain itu tanaman ini berbunga disepanjang tahun serta berbunga raya selama 9 bulan sehingga memungkinkan lebah terus menerus dapat mengoleksi nektar hampir setiap harinya.
bagaimana dengan bunga lainnya? Lebah menyukai bunga dengan nektar dan serbuk sari dengan keunikan aroma, warna. Namun ada yang unik dari beberapa bunga ketika kita tersengat lebah dan bengkak, bunga melati atau bunga sepatu bisa jadi solusinya.
Referensi: mnn.com, fix.com 4muda.com


0 komentar:

Follow kumpulan tanya jawab islam dan keluarga

Calendar holidays by Excel Calendar

Disclaimer

i don't own anything in this blog. all articles, images, videos belong to its owners / creator. if you think this useful feel free to share, rewrite, or copy
twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Info Harga Komoditi/Pangan

Flag Counter



Data Provided By Google Analytics

Diberdayakan oleh Blogger.

Mari gabung agar kenal & tidak terjerat riba/bunga bank

Bantuan hukum bagi yang terjerat riba (bunga bank)

Pencarian tentang Islam

yufid.com

[Disebutkan keadaan manusia di hari kiamat, "Alangkah baiknya kiranya aku dulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini". QS Al-Fajr : 24]'


Orang ini menyebut akhirat dengan HIDUPKU. Artinya, sekarang ini KEHIDUPAN KITA BELUM DIMULAI

(-_-)

Video Pilihan

Paling Banyak Dibaca

Our Facebook Page