Siapa yang tidak pernah mendengar
nama Abdul Qodir al-Jailani?
Hampir semua muslim pernah
mendengar namanya.
Dari anak SD hingga manusia usia
senja, mengenal namanya. Ketika namanya disebut, yang terbayang kesalehan
dengan segudang karomah. Lalu siapakah sebenarnya Abdul Qodir al-Jailani itu?
Nama
dan Nasab
Seorang ahli sejarah Islam, Ibnul
Imad menyebutkan tentang nama dan masa hidup Abdul Qadir Al-Jailani,
“Pada tahun 561 H hiduplah
Asy-Syaikh Abdul Qadir bin Abi Sholeh bin Janaky Dausat bin Abi Abdillah
Abdullah bin Yahya bin Muhammad bin Dawud bin Musa bin Abdullah bin Musa
Al-Huzy bin Abdullah Al-Himsh bin Al-Hasan bin Al-Mutsanna bin Al-Hasan bin Ali
bin Abi Tholib Al-Jailani.”
(Syadzarat Adz-Dzahab, Ibnul Imad
Al-Hanbali, 4/198)
Tempat
Kelahiran
Asy-Syaikh Abdul Qadir Al-Jailany
adalah salah seorang ulama ahlusunnah yang berasal dari negeri Jailan. Dari
nama negerinya ini, beliau dinasabkan sehingga disebut “al-Jailani”, artinya
seorang yang berasal dari negeri Jailan.
Jailan sendiri merupakan nama bagi
beberapa daerah yang terletak di belakang Negeri Thobristan.
Kota yang ada di negeri Jailan,
hanyalah perkampungan yang terletak pada daerah tropis di sekitar
pegunungan. (Mu’jam Al-Buldan, 4/13-16)
Madzhab
Fiqh Syaikh Abdul Qadir
Beliau termasuk salah satu ulama
dan tokoh dalam madzhab hambali. Ad-Dzahabi ketika membawakan biografinya
menyatakan,
الجِيْلِيُّ الحَنْبَلِيُّ، شَيْخُ بَغْدَادَ
Beliau dari Jailani, bermadzhab
hambali, tokoh di Baghdad.
Kemudian ad-Dzahabi menyebutkan
beberapa guru beliau, diantaranya, Abu Ghalib al-Baqillani, Ahmad bin
Mudzaffar, Abu Qasim bin Bayan.
Sementara murid beliau, sederet
ulama madzhab hambali, diataranya, as-Sam’ani, al-Hafidz Abdul Ghani – penulis
Umdatul Ahkam –, dan al-Muwaffaq Ibnu Qudamah, penulis kitab al-Mughni .
(Siyar A’lam an-Nubala, 20/439)
Aqidah
Syaikh Abdul Qadir
Bagian ini sagat penting untuk
kita pahami, menyusul banyaknya keyakinan tentang beliau yang banyak bercampur
khurafat dan takhayul. Salah satunya, dikatakan bahwa Syaikh Abdul Qadir mampu
mengambil kembali ruh yang sudah dicabut oleh malaikat. Kemudian dikembalikan
kepada orang yang baru meninggal.
Ini kisah sangat jelas
kedustaannya. Siapapun manusia, bahkan seorang nabi-pun, tidak mampu
melakukan semacam ini.
Yang sebenarnya fenomena ini tidak
hanya terjadi sekarang, tapi sudah ada di masa silam. Dan para ulama ahlus
sunah berusaha meluruskannya. Kita simak keterangan Al-Hafidz Ibnu Katsir,
ولأتباعه وأصحابه فيه مقالات ، ويذكرون عنه أقوالا وأفعالا ومكاشفات
أكثرها مغالاة ، وقد كان صالحاً ورِعاً ، وقد صنَّف كتاب ” الغُنية ” و ” فتوح
الغيب ” ، وفيهما أشياء حسنة ، وذكر فيهما أحاديث ضعيفة وموضوعة ، وبالجملة كان من
سادات المشايخ
“Mereka telah menyebutkan dari
beliau (Abdul Qadir Al-Jailany) ucapan-ucapan, perbuatan-perbuatan,
pengungkapan urusan gaib, yang kebanyakannya adalah ghuluw (sikap
berlebih-lebihan). Beliau orangnya sholeh dan wara’. Beliau telah menulis kitab
Al-Ghun-yah, dan Futuh Al-Ghaib. Dalam kedua kitab ini terdapat beberapa
perkara yang baik, dan ia juga menyebutkan di dalamnya hadits-hadits dha’if,
dan palsu. Secara global, ia termasuk di antara pemimpin para masyayikh
(orang-orang yang berilmu)”.
(al-Bidayah wa an-Nihayah, 12/252).
Karena itu, bagian penting yang
perllu kita perhatikan ketika kita mengkaji sejarah tokoh adalah memahmi
bagaimana aqidahnya, bukan kesaktiannya atau karomahnya. Karena yang kita tiru
amal dan aqidahnya, bukan ilmu kanuragannya. Terlebih lagi, beliau sama sekali
tidak pernah mempelajari ilmu kanuragan, apalagi memlikinya.
Memang beliau memiliki banyak karomah.
Namun karomah yang beliau miliki bukan karena beliau mempelajarinya, tapi murni
pemberian dari Allah, sebagai bentuk pertolongan dari Allah untuk hamba-Nya
yang soleh. Sehingga sekali lagi, yang perlu kita tiru adalah kesalehannya
bukan karamahnya.
Diantara cara untuk memahami
aqidah beliau adalah dengan melihat karya tulis beliau. Syaikh Abdul Qadir
al-Jailani memiliki kitab al-Ghunyah. Dalam salah satu biografi beliau yang
disebutkan oleh Ibnu Rajab, di kitab Dzail Thabaqat Hanabilah dinyatakan,
وللشيخ عبد القادر رحمه الله تعالى كلام حسن في التوحيد، والصفات
والقدر، وفي علوم المعرفة موافق للسنة. وله كتاب ” الغنية لطالبي طريق الحق ” وهو
معروف، وله كتاب ” فتوح الغيب ” وجمع أصحابه من مجالسه في الوعظ كثيرًا. وكان
متمسكًا في مسائل الصفات، والقدر، ونحوهما بالسنة، بالغًا في الرد على من خالفها
“Syaikh Abdul Qadir Al-Jailany
memiliki keterangan yang bagus tentang Tauhid, penjelasan sifat Allah,
dan taqdir. Dalam ilmu ma’rifat, ilmu beliau sesuai kaidah ahlus sunah wal
jamaah.
Beliau memiliki buku berjudul: “al-Ghunyah li Thalibi Thariqil Haqq.”
Kitab yang terkenal. Beliau juga punya kitab judulnya: Futuh al-Ghaib. Sahabat
beliau yang ikut kajian tentang nasehat sangat banyak sekali. Beliau berpegang
dengan sunnah (ajaran Nabi) dalam masalah sifat Allah dan taqdir atau aqidah
lainnya. Beliau sangat jeli dalam membantah. (al-Ghuntah, hlm. 151)
Ibnu Qudamah menuturkan
pengalaman dengan gurunya,
دخلنا بغداد سنة إحدى وستين وخمسمائة فإذا الشيخ عبد القادر ممن
انتهت إليه الرئاسة بها علمًا وعملاً ومالاً واستفتاء. وكان يكفي طالب العلم عن
قصد غيره من كثرة ما اجتمع فيه من العلوم، والصبر على المشتغلين، وسعة الصدر
“Kami masuk Baghdad tahun 561 H.
Ternyata Syaikh Abdul Qadir termasuk orang yang mencapai puncak kepemimpinan
dalam ilmu , harta, fatwa dan amal disana. Penuntut ilmu tidak perlu lagi
menuju kepada yang lainnya karena banyaknya ilmu, kesabaran terhadap penuntut
ilmu, dan kelapangan dada pada diri beliau. Orangnya berpandangan jauh. Beliau
telah mengumpulkan sifat-sifat yang bagus, dan keadaan yang agung. Saya tak melihat
ada orang yang seperti beliau setelahnya.” (Dzail Thobaqot Hanabilah, 1/293)
Pernyataan Syaikh Abdul Qadir
tentang Aqidah
Pertama, Allah ber-istiwa di atas
Arsy,
Beliau mengatakan,
وهو بجهة العلو مستو ، على العرش محتو على الملك محيط علمه بالأشياء
Dia beristiwa di atas. Dia di
atas Arsy, Dia menguasai semua kerajaan, ilmu-Nya meliputi segala sesuatu.
(al-Ghunyah, 1/71)
Kedua, beliau membantah semua
sekte selain ahlus sunnah,
وينبغي إطلاق صفة الاستواء من غير تأويل ، وأنه استواء الذات على
العرش لا على معنى القعود والمماسة كما قالت المجسمة والكرامية ، ولا على معنى
العلو والرفعة كما قالت الأشعرية ، ولا معنى الاستيلاء والغلبة كما قالت المعتزلة
، لأن الشرع لم يرد بذلك ولا نقل عن أحد من الصحابة والتابعين من السلف الصالح من
أصحاب الحديث ذلك
Selayaknya memahami istiwa Allah
sesuai makna tekstualnnya, tanpa ditakwil. Dia bersemayam secara dzat di atas
‘Arsy, tidak kita maknai duduk dan menempel di Arsy, sebagaimana perkataan
Mujassimah dan Karramiyah, tidak pula dimaknai berada di atas, sebagaimana
perkataan Asy’ariyah. Tidak boleh dimaknai menguasai, sebagaimana aqidah
Mu’tazilah. Karena syariat tidak menyebutkan semua makna itu, dan tidak dinukil
satupun keterangan dari sahabat, maupun tabi’in di kalangan Salaf, para
pembawa hadis. (al-Ghunyah, 1/74)
Pernyataan ini membuktikan, bahwa
beliau adalah pengikut salaf, pembawa hadis, ahlus sunah, bukan Asy’ariyah,
apaagi Mu’tazilah.
Mengapa lebih banyak disinggung
aqidah masalah Allah beristiwa di atas?
Karena ini titik sengketa antara
ahlus sunnah dengan ahlul bid’ah dalam masalah aqidah, seperti Asy’ariyah dan
Mu’tazilah.
Mengingat pentingnya meluruskan
sejarah beliau, hingga Dr. Said bin Musfir menulis disertasi doktoral dengan
judul, [الشيخ عبدالقادر الجيلاني وآراؤه الاعتقادية والصوفية] “Syaikh Abdul Qadir Jailani:
Pemikiran Aqidah dan Sufiyah”
Dalam disertasi ini beliau benyak
membantah orang-orang sufi yang menyalah gunakan nama beliau untuk mendukung
aqidah sufinya.
Buku ini telah diterjemahkan
dalam edisi Indonesia dengan judul: Buku Putih Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.
Termasuk yang perlu dibersihkan
adalah tersebarnya gambar beliau, yang ini bisa kita pastikan dusta. Karena
beliau memusuhi gambar bernyawa dengan wajah.
Allahu a’lam.
Ditulis oleh Ustadz Ammi Nur
Baits (Dewan Pembina Konsultasisyariah.com)
0 komentar:
Posting Komentar