Hukum Bersiul
Benarkah bersiul itu dilarang dalam islam? Sy pernah mendengar itu
kebiasaan orang musyrikin quraisy.. apa benar?
Jawab:
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,
Allah mencela tata cara ibadah yang dilakukan orang musyrikin
ketika di Ka’bah,
وَمَا كَانَ صَلَاتُهُمْ عِنْدَ الْبَيْتِ إِلَّا مُكَاءً
وَتَصْدِيَةً فَذُوقُوا الْعَذَابَ بِمَا كُنْتُمْ تَكْفُرُونَ
Shalat mereka di sekitar Baitullah itu, tidak lain hanyalah siulan
dan tepukan tangan. Karena itu, rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu. (QS. al-Anfal: 35).
Al-Jashas dalam tafsirnya menyatakan,
سمي المكاء والتصدية صلاة ؛ لأنهم كانوا يقيمون الصفير والتصفيق مقام
الدعاء والتسبيح . وقيل : إنهم كانوا يفعلون ذلك في صلاتهم
Siulan dan tepukan tangan dinamakan shalat, karena orang musyrikin
menjadikan siulan dan tepuk tangan sebagai pengganti doa dan tasbih. Ada yang
mengatakan, mereka bersiul dan bernyanyi ketika sedang beribadah. (Ahkam
al-Quran, 3/76)
Mengingat tindakan ini dicela dalam al-Quran, dan itu kebiasaan oranng
musyrik ketika beribadah, ulama berbeda pendapat mengenai hukum bersiul.
Pertama, bersiul hukumnya terlarang
Dalilya adalah ayat di atas, dimana Allah mencela kebiasaan orang
musyrikin yang bersiul dan tepuk tangan ketika beribadah.
Ini merupakan pendapat Lajnah Daimah. Dalam salah satu fatwanya
dinyatakan,
الصفير لا يجوز ، ويسمى في اللغة : ( المكاء ) ، وهو من خصال
الجاهلية ، ومن مساوئ الأخلاق
Bersiul itu dilarang, dalam bahasa arab fasih disebut al-Muka’.
Dan ini tradisi Jahiliyah, dan termasuk akhlak yang buruk. (Fatawa Lajnah
Daimah, 26/390).
Kedua, bersiul hukumnya makruh
Dalilnya ayat di atas. Karena meniru kebiasaan jahiliyah, tanpa
ada kebutuhan yang mendesak, dicela dalam syariah. Ibnu Muflih menukil
keterangan Syaikh Abdul Qadir Jailani,
قال الشيخ عبد القادر رحمه الله : يكره الصفير والتصفيق
Syaikh Abdul Qadir – rahimahullah – mengatakan, “Makruh bersiul
dan tepuk tangan.” (al-Adab as-Syar’iyah, 3/375)
Imam Ibnu Utsaimin mengatakan,
أما التصفير فأنا أكرهه كراهة ذاتية ، وليس عندي دليل ، ولو أن شخصاً
طلب مني دليلاً ، فلا أستطيع أن أقول : عندي دليل
Untuk bersiul, secara perbuatan saya tidak menyukainya. Meskipun
saya tidak punya dalil. Jika ada orang yang memintaku membawakan dalil, saya
tidak bisa mengatakan, saya punya dalil.. (Liqa’at Bab al-Maftuh, 4/119).
Ketiga, dibolehkan selama tidak diniatkan untuk ibadah
Mereka mengatakan bahwa tidak ada dalil tegas yang melarang
bersiul. Sementara celaan Allah kepada masyarakat jahiliyah adalah bersiul
ketika beribadah. Mereka menganggap bersiul itu sebagai cara dzikir dalam
shalatnya.
Syaikhul Islam mengatakan,
كان المشركون يجتمعون في المسجد الحرام يصفقون ويصوتون ، يتخذون ذلك
عبادة وصلاة ، فذمهم الله على ذلك ، وجعل ذلك من الباطل الذي نهى عنه
Orang-orang musyrikin berkumpul di masjidil haram, mereka tepuk
tangan dan bersiul-siul. Mereka yakini itu ibadah dan cara shalat . Lalu Allah
mencela tindakan mereka itu. Dan Allah sebut itu kebatilan yang dilarang.
(Majmu’ al-Fatawa,
3/427)
Dan yang lebih mendekati adalah pendapat kedua. Sebagaimana
keterangan Syaikh Abdul Qadir al-Jailani. Terlebih di sana ada riwayat dari
Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma dan Mujahid, bahwa bersiul itu tradisi buruk
umatnya Nabi Luth. (Tafsir Ibnu Katsir, 6/276)
Karena itu, selama tidak mendesak untuk dilakukan, tidak
selayaknya dilakukan. Namun jika dibutuhkan, semoga tidak menjadi masalah untuk
mengeluarkan bunyi siulan. Seperti suara peluit masinis, atau semacamnya.
Allahu a’lam.
Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan
Pembina Konsultasisyariah.com)
0 komentar:
Posting Komentar