Apa yang dimaksud dengan
ayat yang artinya ‘jangan lupakan nasib kalian di dunia’? Apakah itu berarti kita membagi dunia dan akhirat menjadi ‘fifty-fifty’? Apakah itu berarti dunia dan akhirat mesti seimbang? Ataukah
akhirat yang jadi tujuan utama, sedangkan dunia kita gunakan sebagai sarana
untuk menggapai kebahagiaan akhirat?
Ayat yang bisa kita
renungkan dan kita kaji di pagi hari ini,
وَابْتَغِ فِيمَا آَتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآَخِرَةَ وَلَا تَنْسَ
نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا
“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu
(kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari
(kenikmatan) duniawi” (QS. Al Qashshash: 77).
Raihlah Akhiratmu
Sekarang kita lihat
terlebih dahulu makna penggalan pertama dari ayat di atas (yang artinya), “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu
(kebahagiaan) negeri akhirat”.
Dikatakan oleh Qurthubi
dalam Al Jaami’ li Ahkamil Qur’an (7: 199), “Hendaklah
seseorang menggunakan nikmat dunia yang Allah berikan untuk menggapai kehidupan
akhirat yaitu surga. Karena seorang mukmin hendaklah memanfaatkan dunianya
untuk hal yang bermanfaat bagi akhiratnya. Jadi ia bukan mencari dunia dalam
rangka sombong dan angkuh.”
Ibnu Katsir mengatakan
mengenai ayat tersebut,
استعمل ما وهبك الله من هذا المال الجزيل والنعمة الطائلة، في طاعة
ربك والتقرب إليه بأنواع القربات، التي يحصل لك بها الثواب في الدار الآخرة
“Gunakanlah yang telah
Allah anugerahkan untukmu dari harta dan nikmat yang besar untuk taat pada
Rabbmu dan membuat dirimu semakin dekat pada Allah dengan berbagai macam
ketaatan. Dengan ini semua, engkau dapat menggapai pahala di kehidupan
akhirat.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 6: 37).
Jangan Lupakan Nasibmu di Dunia
Yang dimaksud ayat,
وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا
“Jangan melupakan nasibmu di dunia”.
Jika kita artikan leterlek,
mungkin maknanya adalah hendaklah kita seimbangkan dunia dan akhirat. Namun
ternyata, yang dipahami oleh para ulama pakar tafsir tidaklah demikian. Banyak
yang salah dalam memahami ayat ini gara-gara cuma bersandar pada Al Qur’an
terjemahan.
Imam Ibnu Katsir -semoga Allah merahmati beliau- menyebutkan
dalam kitab tafsirnya,
{ وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا }
أي: مما أباح الله فيها من المآكل والمشارب والملابس والمساكن والمناكح، فإن لربك
عليك حقًّا، ولنفسك عليك حقًّا، ولأهلك عليك حقًّا، ولزورك عليك حقا، فآت كل ذي حق
حقه.
“Janganlah engkau melupakan
nasibmu dari kehidupan dunia yaitu dari yang Allah bolehkan berupa makanan,
minuman, pakaian, tempat tinggal dan menikah. Rabbmu masih memiliki hak darimu.
Dirimu juga memiliki hak. Keluargamu juga memiliki hak. Istrimu pun memiliki
hak. Maka tunaikanlah hak-hak setiap yang memiliki hak.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 6: 37).
Dalam Tafsir Al Jalalain (hal. 405) disebutkan
maksud dari ayat tersebut,
{ وَلاَ تَنسَ } تترك { نَصِيبَكَ مِنَ
الدنيا } أي أن تعمل فيها للآخرة
“Janganlah engkau
tinggalkan nasibmu di dunia yaitu hendaklah di dunia ini engkau beramal untuk
akhiratmu.” Sangat jelas apa yang dimaksudkan oleh Jalaluddin As Suyuthi dan
Jalaluddin Al Mahalli bahwa yang dimaksud ayat di atas bukan berarti kita harus
menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat. Namun tetap ketika di dunia,
setiap aktivitas kita ditujukan untuk kehidupan selanjutnya di akhirat. Jadikan
belajar kita di bangku kuliah sebagai cara untuk membahagiakan orang banyak.
Jadikan usaha atau bisnis kita bisa bermanfaat bagi kaum muslimin. Karena
semakin banyak yang mengambil manfaat dari usaha dan kerja keras kita di dunia,
maka semakin banyak pahala yang mengalir untuk kita. Karena sebaik-baik
manusia, merekalah yang ‘anfa’uhum linnaas’, yang paling banyak
memberi manfaat untuk orang banyak.
Coba lihat pula keterangan
lainnya. Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di dalam Taisir Karimir Rahman (hal. 623), “Engkau
telah menggenggam berbagai cara untuk menggapai kebahagiaan akhirat dengan
harta, yang harta tersebut tidaklah dimiliki selainmu. Haraplah dengan harta
tersebut untuk menggapai ridho Allah. Janganlah nikmat dunia digunakan untuk
memenuhi syahwat dan kelezatan semata. Jangan pula sampai lupa nasibmu di
dunia, yaitu Allah tidak memerintahkan supaya manusia menginfakkan seluruh
hartanya, sehingga lalai dari menafkahi yang wajib. Namun infaklah dengan
niatan untuk akhiratmu. Bersenang-senanglah pula dengan duniamu namun jangan sampai
melalaikan agama dan membahayakan kehidupan akhiratmu kelak.”
Di Akhir Ayat
Di akhir ayat yang kita
kaji disebutkan,
وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ
فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ
“Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah
berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi.
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al Qashshash: 77).
Ayat ini memerintahkan
untuk berbuat baik pada makhluk Allah sebagaimana Dia telah memberi kebaikan
untuk kita. Janganlah tujuan hidup kita di muka bumi untuk berbuat kerusakan
dan menyakiti makhluk lain. Sesungguhnya Allah benar-benar tidak menyukai orang
yang berbuat kerusakan. Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim karya Ibnu Katsir, 6: 37.
Jadikan Akhirat Tujuan Kita
Yang dimaksud dalam ayat
yang kita kaji, bukan dunia yang jadi tujuan kita, namun semestinya yang jadi
tujuan besar kita adalah akhirat. Namun betapa banyak manusia yang lalai akan
hal ini. Mereka hanya mengejar dunia dan banyak lupa pada akhirat. Mereka tidak
mau mengenal Islam, tidak mau belajar agama, melupakan mengkaji Al Qur’an,
sampai lupa pula akan kewajiban shalat 5 waktu dan kewajiban lainnya. Ingat dan
kecamkan hadits berikut ini,
مَنْ كَانَتِ الآخِرَةُ هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ غِنَاهُ فِى قَلْبِهِ
وَجَمَعَ لَهُ شَمْلَهُ وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِىَ رَاغِمَةٌ وَمَنْ كَانَتِ
الدُّنْيَا هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ وَفَرَّقَ عَلَيْهِ
شَمْلَهَ وَلَمْ يَأْتِهِ مِنَ الدُّنْيَا إِلاَّ مَا قُدِّرَ لَهُ
“Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai akhirat, maka
Allah akan memberikan kecukupan dalam hatinya, Dia akan menyatukan keinginannya
yang tercerai berai, dunia pun akan dia peroleh dan tunduk hina padanya.
Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai dunia, maka Allah akan
menjadikan dia tidak pernah merasa cukup, akan mencerai beraikan keinginannya,
dunia pun tidak dia peroleh kecuali yang telah ditetapkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 2465. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa
sanad hadits ini dho’if dan syawahidnya atau penguatnya pun dho’if. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat penjelasan hadits ini di Tuhfatul Ahwadzi, 7: 139).
Sekali lagi, ayat yang kita
bahas pun bukan maksudnya adalah dunia dan akhirat mesti seimbang. Tapi yang
dimaksud adalah dunia adalah sebagai lading persiapan untuk menuju kampung
akhirat. Ingat kata Qurthubi di atas, “Hendaklah seseorang menggunakan
nikmat dunia yang Allah berikan untuk menggapai kehidupan akhirat yaitu surga. Karena seorang mukmin hendaklah memanfaatkan dunianya untuk hal
yang bermanfaat bagi akhiratnya.”
Semoga Allah menjadikan
pada benak dan tujuan hidup kita adalah darul akhirat, negeri akhirat yang kekal abadi. Hanyalah Allah yang memberi
taufik, wallahu waliyyut taufiq was sadaad.
—
0 komentar:
Posting Komentar